Teknik sipil yaitu salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari seputar bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak cuma gedung dan infrastruktur, tapi juga mencakup lingkungan untuk kelangsungan hidup manusia.
Teknik sipil dioptimalkan paralel dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, sampai bisa dikatakan ilmu ini dapat mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.

Cabang-cabang ilmu teknik sipil terdiri dari :

1. Struktural:  Teknik sipil yang mempelajari keadaan sulit struktural dari materi yang dipakai untuk pembangunan. Sebuah format bangunan mungkin diwujudkan dari sebagian alternatif macam material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya.  Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada hasilnya dapat dipilih material mana yang layak untuk bangunan tersebut.

2. Geoteknik:  Teknik sipil yang mempelajari struktur dan sifat berbagai variasi tanah dalam menunjang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang adalah penyelidikan situasi-kondisi tanah suatu daerah dan diperkuat dengan penyelidikan laboratorium.

3. Manajemen Konstruksi:  Teknik sipil yang mempelajari keadaan sulit dalam proyek konstruksi yang berhubungan dengan ekonomi, penjadwalan profesi, pengembalian modal, biaya proyek, semua hal yang berkaitan dengan aturan dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian profesi di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai pada waktunya.

4. Hidrologi:  Teknik sipil yang mempelajari air, distribusi, pengaturan dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai dan sebagainya), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dan sebagainya) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan(dam),kanal.

5. Teknik Lingkungan:  Teknik sipil yang mempelajari keadaan sulit-permasalahan dan berita lingkungan. Meliputi bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih, pengelolaan limbah dan air kumal, pencemaran sungai, polusi suara dan udara sampai teknik penyehatan.

6. Transportasi:  Teknik sipil yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pengerjaannya. Meliputi bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya.

7. Informatika Teknik Sipil: Teknik Sipil yang mempelajari pemakaian Komputer untuk perhitungan/pemodelan sebuah metode dalam proyek Pembangunan atau Penelitian. Meliputi bidang ini antara lain dicontohkan berupa pemodelan Struktur Bangunan (Struktural dari Materi atau CAD), pemodelan pergerakan air tanah atau limbah, pemodelan lingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic information system).

Apa Itu Teknik Sipil ???

47 thoughts on “Apa Itu Teknik Sipil ???

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tanya lewat WA
1
Hubungi CS kami
Bisa Kami Bantu ?
Powered by